BMKG Minta Waspadai Dampak Tak Langsung Siklon Tropis Odette

Features3065 Dilihat

JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG mengeluarkan informasi mengenai adanya pertumbuhan ‘Siklon Tropis Odette’ di Samudera Hindia yang memberikan dampak tidak langsung bagi wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto menjelaskan bahwa pertumbuhan Siklon Tropis Odette berawal dari bibit siklon 90S yang sejak Jumat (2/4/21) muncul bersamaan dengan bibit siklon atau cikal bakal Siklon Tropis Seroja.

“Bibit siklon 90S yang sejak 2 April 2021 muncul bersamaan dengan bibit siklon cikal bakal siklon Seroja saat ini telah tumbuh menjadi Siklon Tropis Odette di Samudra Hindia,” jelas Guswanto melalui keterangan tertulis, Jumat (9/4/21).

Menurut hasil monitoring BMKG, posisi siklon ini berada pada 14.2 LS dan 107.77 BT atau sekitar 780 kilometer selatan barat daya dari Cilacap, Jawa Tengah. Adapun kecepatan angin maksimum pada pusat sirkulasi Siklon Tropis Odette mencapai 45 knots atau sekitar 80 kilometer per jam dan tekanan udara di pusat sirkulasinya adalah 900 hPa.

Baca Juga :   Warga Pesisir Diminta Waspadai Banjir Rob

Guswanto juga menjelaskan bahwa pemberian nama ‘Siklon Tropis Odette’ ini dilakukan oleh Australian Bureau of Meteorology (BoM) Tropical Cyclone Warning Center (TCMC), karena posisi siklon tropis ini berada pada wilayah tanggungjawab Australia.

Komentar