KRI Ahmad Yani Jelajahi NTT Distribusikan Bantuan Pascabencana

Berita Kota1240 Dilihat

JAKARTA – Pemerintah daerah di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terus melakukan berbagai upaya penanganan darurat setelah diterjang bencana yang dipicu siklon tropis Seroja. Salah satu penanganan darurat untuk mengirimkan bantuan logistik melalui armada TNI Angkatan Laut (AL) KRI Ahmad Yani.

Operasi militer selain perang dengan sandi ‘Operasi Tameng Nusa’ tidak hanya pendistribusian bantuan tetapi juga personel yang mengarah ke wilayah terdampak. Pengerahan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Ahmad Yani sangat efektif untuk mendorong bantuan logistik dalam jumlah besar. KRI Ahmad Yani yang berjenis fregat atau kapal perang berukuran sedang ini tiba di Maumere, NTT, pada 8 April 2021 lalu. Selanjutnya pada 12 April 2021, kapal TNI AL dengan kode 351 bertolak dari Kabupaten Kupang menuju Pulau Sabu.

“Kurang lebih 20 ton bantuan dikirimkan. Bantuan dari TNI AL, Korcab Jalasenastri VII DJA II, PTBA, Arta Graha, Majelis Sinode GMIT, BNPB , IRGSC dan Budda Tzu Chi,” ujar perwakilan TNI AL Letkol Nopriadi mengenai bantuan tahap pertama untuk Kabupaten Sabu Raijua, pada Senin (19/4), melalui pesan digital.

Baca Juga :   Warga Oebufu Segera Direlokasi

Nopriadi menyampaikan bahan bantuan yang diberikan antara lain obat-obatan, bahan makanan, air mineral, pakaian, sarung, gula, bahan makanan bayi dan keperluan bayi, pembalut, genset, gergaji mesin, masker, bahan bangunan seng dan paku, terpal dan keperluan harian masyarakat lain.

Bantuan tahap kedua ke Pulau Sabu dilakukan kembali pada 15 April 2021. Lebih dari 12 ton dari berbagai pihak didorong oleh KRI Ahmad Yani dari Kupang. Sehari kemudian, kapal ini bersandar di Dermaga Biyu, Sabu Timur. Setelah menurunkan bantuan barang bantuan, kapal kembali bersandar di Dermaga Lantamal VII, Kupang.

Selama beroperasi, KRI Ahmad Yani tidak mengalami gangguan gelombang laut. “Cuaca di laut tenang selama pelayaran, mendukung pendistribusian bantuan bencana alam, kegiatan berjalan dengan lancar dan baik,” tambah Nopriadi.

Pengerahan TNI dalam setiap bencana alam sangat membantu, khususnya dengan alutsista pesawat Hercules maupun kapal, dalam merespons medan berat bencana. Pengerahan kapal TNI AL sangat efektif dalam menjangkau wilayah terdampak bencana yang berada di kawasan kepulauan.

Baca Juga :   Setahun Menanti, Bantuan Badai Seroja Belum Terealisasi

“TNI AL selalu mengerahkan sumber daya yang dimiliki untuk sesegera mungkin memberikan bantuan kepada masyarakat. Pada penanggulangan bencana siklon tropis Seroja di NTT, TNI AL mengerahkan Lantamal VII KPG dan tidak kurang dari 5 KRI untuk bersinergi dengan seluruh pihak yang ada,” ujar Nopriadi.

Selama operasi penanganan darurat KRI Ahmad Yani memfasilitasi personel dan bantuan dari para pihak, seperti dari institusi pemerintah, organisasi masyarakat dan lembaga usaha.

KRI Ahmad Yani 351 adalah salah satu KRI yang dikerahkan untuk turut mendukung memberikan bantuan masyarakat NTT yang terdampak bencana alam, khususnya di daerah Lembata, Adonara dan Sabu Raijua.

Komentar