Kepala BNPB Minta Lakukan Latihan Kebencanaan

Nasional685 Dilihat

JAKARTA – Bencana alam merupakan ancaman nyata kepada setiap individu yang berada di Indonesia. Lebih dari 1.000 bencana terjadi dengan jumlah korban meninggal dunia mencapai lebih dari 470 jiwa pada awal tahun hingga April 2021. Ancaman bahaya perlu disikapi kemampuan individu yang diasah melalui latihan kebencanaan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengajak semua pihak di Tanah Air untuk bergabung dan berpartisipasi aktif pada Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2021. BNPB yang menggagas HKB sejak 2017 ini berharap, khususnya keluarga, dapat memanfaatkan setiap 26 April untuk melakukan latihan.

Ia mengajak masyarakat melakukan latihan secara serentak, dengan ditandai bunyi seperti kentongan, sirine maupun lonceng pada pukul 10.00 waktu setempat. “Lakukan evakuasi mandiri ke tempat aman terdekat. Mari kenali ancaman bencana di sekitar kita,” kata Doni melalui pesan video, Kamis (22/4/21).

Doni juga berharap setiap individu dapat memahami risiko bencana sehingga ini dapat menumbuhkan budaya sadar bencana. “Tingkatkan budaya sadar bencana agar kita dapat mengurangi korban jiwa dan kerugian harta benda,” lanjutnya.

Baca Juga :   Rakyat Diundang Musyawarah di 10 Kota

Pelaksanaan HKB pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan latihan tahun ini dilakukan di tengah pandemi Covid-19. Namun, ini menjadi momentum dalam melatih setiap individu dengan penerapan protokol kesehatan di saat menghadapi ancaman bencana.

Di sisi lain, HKB dengan tema ‘Siap Untuk Selamat’ merupakan kesempatan kepada setiap individu, keluarga, komunitas, masyarakat dan institusi untuk berlatih bersama menghadapi ancaman bahaya. Secara khusus, BNPB berharap dalam HKB kali ini masyarakat dan semua pihak memfokuskan pada uji sistem peringatan dini dan latihan evakuasi.

siaran pers BNPB

Komentar