Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Kesehatan871 Dilihat

MADU  merupakan  cairan alam dari nektar bunga yang diolah secara alami oleh lebah, yang sangat baik untuk kesehatan, karena  mengandung  vitamin, mineral, enzim, asam amino,  flavonoid, dan senyawa bio aktif  lainnya.  Madu itu berkhasiat mengobati penyakit  gangguan usus, batuk dan  pernafasan.  Madu juga memiliki sifat anti bakteri, antioksidan dan anti inflamasi yang bisa mengobati sakit tenggorokan, gangguan pencernaan dan luka bakar.

‘’Madu untuk kesehatan cukup banyak diketahui masyarakat luas, namun masih segelintir orang  yang mau mengkonsumsi madu secara berkesinambungan karena madu itu masih terbatas pengetahuan, bukan pada tataran prakteknya, ‘’tutur Direktur Utama PT Karya Pak Oles Group, Dr. Ir. Gede Ngurah Wididana, M.Agr.

Masyarakat untuk bisa mendapatkan kesehatan yang prima dari madu, harus mengkonsumsinya setiap hari dan lebih baik lagi setiap pagi dan sore satu sendok makan. Madu yang dikonsumsi itu  adalah madu asli yang berkualitas, bukan madu yang dicampur gula merah atau madu sintetik yang terbuat dari cairan kental mirip madu dan beraroma madu.

Madu dipilih dari produsen yang berkualitas dan bergaransi, yang memiliki catatan produksi yang direkomendasikan oleh kementerian kesehatan.  Madu bisa juga digunakan untuk masker wajah atau lulur pada tubuh untuk memberikan nutrisi bagi kulit.  Masker atau lulur madu dapat mencerahkan dan mengencangkan kulit.  Masyarakat dankonsumen  membiasakan diri membeli madu asli di toko obat atau apotik.  Minumlah madu dua sendok makan pada pagi hari dan malam hari.  Madu bisa diminum langsung, dilarutkan dalam air atau digunakan sebagai pengganti gula, saat minum kopi, teh, jus.  Secara tradisional madu bisa dicampur ke dalam serbuk jamu untuk menangkal rasa pahitnya jamu, dan juga bisa dicampur dengan kuning telor ayam kampung.  Sebagai pemanis masakan.

Baca Juga :   Penyelenggara Vaksinasi Diminta Pastikan Tenaga Kesehatan Sudah Divaksin

Selain itu  madu bisa digunakan untuk masakan ayam, ikan goring atau bakar madu, yang memberikan rasa manis dan aroma madu yang gurih bercampur dengan bumbu masakannya.  Madu bisapula digunakan sebagai selai yang dioleskan pada roti, atau sebagai pemanis saat makan pisang goreng.

Madu banyak mempunyai manfaat  sebagai pemanis atau perasa saat makan buah potong segar.  Bentuklah kebiasaan minum madu dengan berbagai cara seperti minum langsung, dicampur dengan minuman atau makanan lainnya, serta membuat aneka masakan dengan campuran madu.

Konsumsi madu dapat menyehatkan tubuh  secara perlahan- masakan dengan campuran madu.  Konsumsi madu dapat menyehatkan tubuh  secara perlahan-lahan, serta meningkatkan ketahanan tubuh  terhadap serangan penyakit.  Karya Pak Oles Tokcer, sebuah perusahaan swasta nasional berbasis obat-obatan tradisional terbesar di Bali memproduksi lima jenis madu yang terdiri atas Madu Geruh Bokashi,  Madu Resi,  Madu Wididana, Madu Jamur dan Madu Rocky.

Kelima jenis madu asli Bali berasal dari  bunga tanaman di lahan pertanian organik yang diolah dengan teknologi modern dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit, karena mengandung asam amino lengkap, gula buah (fruktose), gula tepung (maltose), gula sakarin (sakarosa), gula disakarida dan polisakarida, vitamin C  Vitamin B, B2, B6 asam panthotenat, asam daun (asam folik), natrium, kalium, posfor, sulfur, enzim, hormon, zat bakterisida dan zat aromatik.Minum madu secara berkesinambungan dalam kurun waktu satu tahun akan terlihat hasilnya, tulang  akan terasa lebih kuat, kulit  lebih cerah, pencernaan  lebih baik, ketahanan tubuh semakin  kuat, daya ingat bagus dan kesehatan menjadi lebih prima. Kebiasaan minum madu merupakan hal yang sangat positif dengan biaya murah untuk mendapatkan kondisi kesehatan yang prima.   Jika lidah sudah terbiasa dengan rasa manis madu asli dan tubuh mendapatkan manfaat kesehatan dari mengkonsumsi madu asli.

Baca Juga :   Meski Tidak Menular, Long Covid-19 Tetap Diwaspadai

“Saya konsumsi madu asli setiap hari selama lebih dari 20 tahun.  Saya merasakan ketahanan tubuh  sangat prima, berkat dari minum madu asli setiap hari.  Investasikan uang  untuk konsumsi madu sebagai minuman kesehatan, hindari minuman dengan pemanis gula atau pemanis buatan, untuk mendapatkan kesehatan  yang prima.  Mengubah gaya hidup sehat dengan membiasakan minum madu asli setiap hari, adalah cara sederhana yang menyehatkan dalam jangka panjang,” ujarnya.

Produk  kelima jenis madu tersebut cukup laris dimasa pandemi Covid-19, karena terbukti mampu meningkatkan ketahanan  tubuh yang prima, disamping  seluruh konter-Pak Oles  di Denpasar dan sekitarnya memberikan potongan harga. Nyoman Sudiana (45), salah seorang  konsumen setia produk  Pak Oles yang selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi madu. Karyawan PLN yang bertugas mencatat meteran pelanggan konsumen di Sanur mengaku bersama istri dan keluarganya selama puluhan tahun telah konsumsi madu produk pak Oles.

Demikian pula Made Tama Budi, seorang anggota TNI  mengaku  rutin mengkonsumsi Madu Resi untuk menjaga kesehatan tubuhnya. “Memang menjadi anggota TNI,  harus selalu siap dan sehat. Untuk itu saya percayakan kesehatan  dengan konsumsi Madu Resi setiap pagi dan sore sehingga stamina terjaga dan badan selalu terasa fres,” ujar pria tegap  yang tinggal di Desa Tegal Harum, Denpasar Barat.

Baca Juga :   Patuhi Protokol Kesehatan, Pandemi Belum Berakhir

Sementara Wasto, pria yang kesehariannya menjual  bakmi dan nasi goreng mengaku secara  rutin mengkonsumsi  Madu Geruh  untuk menjaga kesehatan yang prima. Kesehatan menjadi  hal yang utama, karena kalau sakit berarti dapurnya tidak mengepul, lalu anak dan istri tidak bisa makan.Dari lima jenis madu yang diproduksi Pak Oles, tiga di antaranya yakni Madu Jamur, Madu Resi dan Madu Rocky adalah campuran  madu asli dengan ramuan herbal yang memiliki khasiat tertentu.  Madu Jamur untuk kolesterol, Madu Resi untuk vitalitas, Madu Rocky atau madu cuka untuk perokok.

Konsumsi madu sangat penting untuk  menjaga stamina  sehingga kesehatan tubuh tetap prima  terutama dalam  menjalani ibadah puasa pada bulan Ramadhan bagi umat muslim.  Madu sebagai suplemen dapat menurunkan trigeliserida yang membuat tubuh tetap sehat meski pengkonsumsi makanan tinggi kalori dan lemak.

Konsumsi satu sendok madu bisa mendapatkan 64 kalori dan 17 gram gula dari sumber fluktosa alami yang dapat memberikan energi sepanjang hari di tengah aktivitas yang padat, meskipun sedang  menjalani ibadah puasa.

Konsumsi madu secara berkesinambungan, selain menjadikan tubuh tidak lemas saat puasa, juga mampu melancarkan metabolisme tubuh, menghindari sembelit dan diare.(albert kin)

Komentar