oleh

Posko Kesehatan Melayani Semua Warga

OELAMASI – Pascabencana badai siklon Seroja yang melanda wilayah NTT, Dinas Kesehatan melalui Yayasan Kesehatan, mendirikan tenda untuk menangani masalah korban terdampak. Wilayah kabupaten Kupang, ada dua posko didirikan.

Dokter Budi, kepada bidang pelayanan kesehatan (Yankes) menjelaskan kepada kupangterkini.com Rabu (14/4/21) bahwa posko kesehatan yang didirikan bukan hanya di kelurahan babau saja. “Ada beberapa titik yang didirikan, yang pertama di Gereja Elim Naibonat, kelurahan Babau, serta di Tuapukan,”jelasnya.

Karena tenaga juga terbatas, jadi untuk pelayanan mulai dari pukul 08.00 hingga 14 00 Wita. “Pelayanan kita prioritaskan yang terdampak bencana ini,”jelasnya

Namum tetap melayani warga yang datang untuk berobat, walaupun bukan terdampak bencana. “Tenaga medis disini ada beberapa kelompok, namun yang pasti ada tenaga dokter, perawat serta bidan yang selalu standby,”tambahnya.

Untuk semua pelayanan gratis serta tidak ada pemungutan biaya sudah ditanggung pemerintah daerah. “Rencananya posko yang ada ini juga untuk dapat membantu Puskesmas Oesao di mana juga terdampak bencana serta belum bisa melayani secara maksimal,”lanjut Budi.

Kalau nanti puskesmas sudah bisa melakukan pelayanan secara normal maka posko ini akan bergeser. “Untuk mencari titik yang butuh sentuhan lagi, misalnya di Amarasi,”jelasnya.

yandry imelson/kupangterkini.com

Baca Juga :   BPOM Jangan Persulit Penelitian Vaksin Nusantara

Komentar