oleh

3,85 Juta Dosis Vaksin COVAX Datang Lagi

JAKARTA – Indonesia menerima sekitar 3,85 juta dosis vaksin darI COVAX hari ini Senin (26/4) malam. Pengiriman batch pertama vaksin multilateral dari COVAX Facility telah diterima pada 3 Maret, sebesar 1,1 juta.

Dengan kedatangan batch kedua ini maka Indonesia telah menerima vaksin Astra Zeneca dari COVAX Facility sebesar 4.965.600 juta dosis vaksin jadi. Bila digabungkan antara vaksin dari jalur multilateral dan vaksin dari jalur bilateral, maka sejauh ini vaksin yang telah tiba di Indonesia sejumlah 67,465,600 dosis.

“Alhamdulliah…dengan mengucap puji syukur kepada Allah SWT pada malam hari ini Indonesia menerima batch-ke 2 vaksin dari jalur multilateral yaitu dari COVAX Facility secara gratis,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi saat menyambut kedatangan vaksin dari COVAX di Bandara Soekarno-Hatta, Senin (26/4/21) malam.

Menlu Retno mengatakan, dari sejak awal pandemic sampai sekarang pemerintah Indonesia terus mengupayakan ketersediaan vaksin bagi kebutuhan dalam negeri sambil terus memperjuangkan kesetaraan akses vaksin bagi semua negara. Untuk itulah, Indonesia aktif dalam pembahasan isu vaksin dunia dan duduk sebagai salah satu co-chairs dari COVAX AMC Engagement Group.

‘Kita melihat kebutuhan dunia akan vaksin semakin meningkat. Di saat yang sama dengan prihatin kita juga menyaksikan terjadinya gelombang baru di banyak negara dunia serta ditemukannya varian-varian baru di beberapa negara,” ujar Menlu Retno.

Menlu atas nama Pemerintah Indonesia tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI), WHO, UNICEF dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI), yang telah memberikan kerja sama yang sangat baik sehingga pengiriman vaksin multilateral ini dapat berlanjut di tengah berbagai tantangan baru yang muncul.

Baca Juga :   Pandemi Masih Mengancam, Jangan Mudik Dulu

Kedatangan vaksin ini tak lepas dari kerja keras Pemerintah Indonesia yang sejak Oktober 2020 telah menjajaki kerja sama multilateral Covid-19 COVAX. Sebuah inisiatif global yang ditujukan untuk akses setara mendapatkan vaksin Covid-19.

Covax dipimpin Global Alliance for Vaccines and Immunization (GAVI), Organisasi Kesehatan Dunia WHO, dan Coalition for Epidemic Preparedness Innovations (CEPI). Melalui mekanisme GAVI COVAX Advance Market Commitment (COVAX AMC), Indonesia memperoleh jatah vaksin COVID sebesar 3-20 persen dari jumlah penduduk.

sumber: website satgas covid-19

Komentar

Berita Terbaru