oleh

Personel Polda NTT Raih Penghargaan PBB

KUPANG – Personel Polda NTT yang tergabung dalam Kontingen FPU 3 MINUSCA (Multidimensional Integrated Stabilization Mission In The Central African Republic) mendapat Medali Penghargaan dari PBB (Perserikatan Bangsa -Bangsa) di Garuda Camp, Bangui Afrika Tengah, Rabu (10/8) lalu.

Penyerahan medali penghargaan itu diserahkan langsung oleh Deputy Special Representative Of Secretary General Madame Lizbeth Cullity kepada perwakilan personel yakni Iptu Taufan Ardiansyah dan Briptu Alviyude Yosephus Mooy.

Diketahui bahwa, sebanyak 104 Personel Polri yang tergabung dalam Satgas GARBHA FPU 3 MINUSCA mendapat penganugerahan medali Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN Medal) yang diselenggarakan bertepatan dengan peringatan Hari Veteran Indonesia. Saat dikonfirmasi, Kamis (11/8/2022)
personel FPU 3 MINUSCA, Briptu Alviyude Yosephus Mooy mengatakan Penganugerahan medali PBB ini merupakan penghargaan tertinggi dari PBB kepada pasukan pemeliharaan perdamaian yang telah berhasil melaksanakan misi selama 11 bulan berturut-turut.

“Kami Personel Polri yang tergabung dalam Satgas GARBHA FPU 3 MINUSCA melaksanakan misi perdamaian secara profesional, loyal, dedikasi tinggi dan mampu diterima oleh masyarakat Afrika Tengah”, ucap Briptu Alviyude Yosephus Mooy.

Dikatakannya, bahwa penyematan medali kepada Pasukan disematkan para tamu Undangan VIP. Kemudian ada pula tarian tradisional Suku Dayak yang diperankan oleh personel FPU 3 MINUSCA turut memeriahkan suasana usai pelaksanaan Medale parade. “kami menampilkan berbagai tarian nusantara diantaranya Tari Tidayu dan menari bersama tarian khas Afrika Tengah yaitu Tarian Jerusalema menambah kemeriahan acara,” katanya.

Ia melanjutkan bahwa, ada Platon SWAT yang saat itu tidak bisa mengikuti upacara Penganugrahan medali PBB karena sedang melaksanakan JOIN TASK bersama PORTUGAL QRF ke daerah Bakouma yang berjarak 857 Km yang di tempuh dengan medan yang sangat berat. Didalamnya terdapat 3 Personel Polda NTT terdiri dari Danru 1 SWAT Ipda Reymond Reynaldo Lusi, S.H., (Satbrimobda NTT), Aipda Tias Ballo (Bid Tik Polda NTT) dan Bripka Yosep Afrianto wero (Satbrimobda NTT).

Sementara itu, Deputy FPU 3 MINUSCA AKBP Kevin Lelehuri menyampaikan bahwa Platon SWAT dijadwalkan pulang pada tanggal 20 Agustus 2022 dari Deploy. “Namun sepulangnya Platon SWAT dari Deploy yang dijadwalkan tanggal 20 Agustus 2022 nantinya, akan dibuatkan upacara penyambutan dan upacara penganugerahan UN MEDAL kepada rekan-rekan Personel Polda NTT yang tergabung dalam platon SWAT,” ungkap Deputy FPU 3 MINUSCA AKBP Kevin Lelehuri.

Selanjutnya acara tersebut dilanjutkan dengan kegiatan ramah tamah bersama oleh Para tamu VVIP, VIP, Para Dankontingen dan Perwakilan FPU DAN MILITARY ARMY.

laporan : yandry imelson

Baca Juga :   Bupati Kupang Masneno, Menepis Isu Primordial
Baca Juga :   Berkas Lengkap, Ira Ua Segera Disidang

Komentar