oleh

Basarnas Bali Diperbantukan ke NTT

DENPASAR – Basarnas provinsi Bali, Rabu (7/4/21) memperbantukan delapan personilnya untuk percepatan penangganan bencara di NTT. Tim ini diberangkatkan dengan perlengkapan dan peralatan yang mumpuni.

“Cuaca ekstrim, hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor yang berdampak parah di beberapa kabupaten wilayah NTT.
Kami diperbatukan ke sana,” jelas Kepala Kantor Basarnas Bali Gede Darmada kepada media.

Personil yang dikirim ini untuk memperkuat tim yang sudah berada di Kupang berjumlah enam orang. Selain Bali, Basarnas juga mengirimkan 10 personil dari Makasar, Sulawesi Selatan ditambah 10 personil lain dari special grup Basarnas.

“Anggota yang BKO diberangkat dengan pesawat udara menuju Kupang terus ke Larantuka dan Lembata. Nantinya akan ditempatkan di titik terdampak,”rinci Darmada

Sebelum berangkat seluruh personil telah melakukan rapid test antigen dengan hasil negatif. Sehingga secara fisik seluruh personil siap untuk melakukan tugas di wilayah bencana.

Berdasarkan pembagian wilayah, penanganan bencana di NTT terkait pencarian dan pertolongan (SAR) merupakan wilayah kerja dari kantor Basarnas, Maumere. Dalam bencana skala besar yang menelan banyak korban jiwa meninggal ataupun hilang, tidak menutup kemungkinan untuk pengiriman bantuan personil dari beberapa kantor SAR terdekat dan juga dari Basarnas Pusat.

Pengiriman personil ke luar wilayah tidak berpengaruh terhadap respon time di Kantor Basarnas Bali, karena sudah diperhitungkan sebelumnya. “Rencananya delapan personil tersebut akan melakukan operasi SAR di daerah terdampak banjir dan tanah longsor di NTT selama satu minggu,”tambahnya,

shitri/kupangterkini.com

Baca Juga :   The Apurva Kempinski Bali Hadirkan Peragaan Busana Nusa Tenggara

Komentar