oleh

Sampah Menumpuk dan Berbau Busuk

KUPANG – Kelurahan Batuplat, kecamatan Alak melakukan kerja bakti sosial untuk membersihkan lingkungan sekitarnya. Untuk antisipasi bersarangnya nyamuk demam berdarah dengue (DBD).

Lurah Batuplat Yery Octavianus kepada wartawan Jumat (26/2/21) mengatakan, kerja bakti sosial ini untuk mengantisipasi DBD, yang makin meningkat di musim hujan. ‘’Jadi dari kelurahan bersama warga dibantu babinsa, babinkamtibnas dan mahasiswa KKN Unkris bersama membersihkan sampah yang ada,” ujarnya.

Dia meminta warga agar jangan buang sampah sembarangan, tapi di tempat pembuangan sampah yang sudah disiapkan. Karena sekarang ini musimnya DBD, sehingga pembersihan tumpukan sampah rumah tangga, bangkai hewan serta ampas tahu tempe sehingga menimbulkan bau busuk dan menyengat.

Namun, sampah yang dibuang bukanlah milik dari warga kelurahan setempat. Warga batuplat sering menangkap basah warga dari luar membuang sampah sembarangan. Ada yang dari Kelurahan Bakunase pernah ditangkap saat membuang ampas tahu dan tempe. “Sudah kami peringatkan tapi masih saja bandel dan terus membuang sampah disini,’’tuturnya.

Terkait sampah mereka sudah bersurat ke dinas kebersihan, agar bisa dapat membantu mangangkut dan dibuang ke TPA Alak. “sudah saya tegaskan hal ini kepada semua ketua RT apabila kedapatan lagi akan diberikan sangsi tegas. Bila perlu akan kami laporkan kepada pihak kepolisian untuk efek jera,” tambahnya.

(Andy Pah/kupangterkini.com)

Baca Juga :   Sulit Tertibkan Pembuangan Sampah di Jalur 40

Komentar