Wujud Iman, Taat Pada Protokol Kesehatan

Berita Kota846 Dilihat

KUPANG – Taat pada protokol kesehatan, merupakan salah satu wujud dari iman. Hal tersebut disampaikan Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Kupang, RD Gerardus Duka saat wawancara dengan kupangterkini.com pada Kamis (11/2/21). Dalam wawancara tersebut, menghimbau pada umat Katolik untuk menjalankan disiplin dalam mentaati protokol kesehatan.

“Sebagai wujud iman, saya meminta umat Katolik untuk mematuhi protokol kesehatan yang mencakup 5 M, yakni menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir, memakai masker penutup mulut dan hidung, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” katanya.

Adapun alasan RD Gerardus Duka menyampaikan kepada umat Katolik ketaatan pada protokol kesehatan adalah, perkara keberadaan virus corona yang hingga sekarang belum berakhir penularannya. “Tentunya hari ini umat Katolik memperingati hari orang sakit sedunia. Untuk itu, umat Katolik seharusnya taat pada protokol kesehatan, karena pandemi corona sekarang ini belum berakhir,” tambahnya.

Terkait dengan Surat Edaran edisi 9 Februari 2021, khususnya pada poin ketetapan ketujuh tentang izin pelaksanaan kegiatan rohani dengan batasan kapasitas 50 persen; RD. Gerardus Duka meminta kepada para pastor paroki di Keuskupan Agung Kupang untuk mengawasi umat yang berkunjung ke gereja. Dengan harapan, umat yang datang ke gereja tetap patuh pada protokol kesehatan.

Baca Juga :   Guru SMAN Oesao, Kupang Timur Reaktif Covid-19

“Saya tidak tahu kapan Keuskupan meminta supaya kegiatan Misa hari Minggu bisa berlangsung bersama umat. Akan tetapi jika hal itu dilakukan, saya meminta supaya di sana (gereja) ketaatan protokol kesehatan bisa berlangsung,” kata Vikjen Keuskupan Agung Kupang itu.

“Pastor paroki selaku pengelola gereja, wajib memperhatikan umat yang hadir sehingga mereka tidak abai pada protokol kesehatan,” tambahnya.

Umat Katolik, harus bisa menjadi teladan dalam ketaatan pada protokol kesehatan. Ketaatan pada protokol kesehatan membantu dalam upaya menekan penularan virus corona. “Kesehatan diri perlu dijaga dan jangan lupa istirahat. Berikanlah teladan dalam mentaati protokol kesehatan. Karena ketaatan membantu menekan penyebaran virus corona,” tutup Romo Dus.

(geraldy batara/kupangterkini.com)

Komentar