oleh

Tips Hidup Sehat Biaya Murah, Obati Stress dengan agrotherapy

SALAH satu teknik melepas stress, menghilangkan  ketegangan hidup adalah dengan berkebun, bercocok tanam sayur, bunga atau buah dalam skala kecil. Biasanya bisa berkebun ala orang perkotaan yakni tanam di dalam pot atau membuat taman kecil di sudut rumah.

“Filosofi kecil itu indah. Small is beautifull. Itu benar adanya. Konsep menanam dalam pot atau pot culture memiliki banyak keuntungan. Selain hemat tempat dan media tanam serta mudah merawat,   juga dapat terus dekat memantau perkembangan tanaman.

Terutama justru pengelola bisa merasakan terapi langsung dari energi tanaman yang menyembuhkan,” kata Dr Ir Gede Ngurah Wididana, MAgr, seorang ahli tanaman dan holticultura  kepada kupangterkini.com di Denpasar, Minggu (171/21).

Ia mengatakan, dengan melihat bunga yang tumbuh berkembang, bermekaran tanaman hias yang indah,  tanaman buah yang ranum, tanaman obat atau sayur yang bisa dipetik walau di dalam pot, sudah dapat menggembirakan hati.

Hati atau pikiran yang suntuk, jenuh, penat yang membuat stressbisa hilang.  Itulah yang disebut agrotherapy atau penyembuhan dengan terapi berkebun. ‘’Orang-orang tua di desa sangat merasakan agrotherapy dengan bercocok tanam di pekarangan, beternak ikan, ayam, kambing, sapi dalam skala kecil untuk menghilangkan kejenuhan, olah raga, merangsang kreativitas dan mengaktifkan syaraf motorik agar terus aktif bergerak,” ujar pria yang lazim disapa Pak Oles itu.

Perintis pertanian organik di Bali yang mengoleksi ratusan tanaman obat di atas hamparan seluas   delapan hektar di Desa Bengkel, Busungbiu, Kabupaten Buleleng menilai,  selama masa pandemi Covid-19 banyak orang jenuh dan stress. Mereka mengisi waktunya dengan agrotherapy, menanam berbagai jenis tanaman dalam pot, berkebun di pekarangan, dalam skala kecil atau menengah, sebagai hobi, bisnis atau untuk kebutuhan sendiri dan keluarga.

Baca Juga :   Sore Ini Tiba, Jenazah Dijemput Ayah dan Kakak Lelaki

Agrotherapy bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Tinggal coba menanam dan tidak diperlukan keahlian khusus. Tujuan agrotherapy, untuk kesehatan. Hasil ekonomis dari aktivitas pertanian semacam ini, lanjutnya, soal nomor dua. Sebab yang utama, mendapatkan hidup sehat, kesehatan prima, biaya obat dan berobat menjadi berkurang atau tidak ada sama sekali. Anda jenuh atau setres, cobalah agrotherapy. (albert kin ose)

Komentar