oleh

Lu Olo Akui Kalah, Ucapkan Selamat Kepada Horta

DILI- Kandidat Presiden Republik nomor urut 02, Francisco Guterres Lu Olo secara resmi mengakui kekalahannya dan menerima hasil pemilihan presiden (Pilpres) putaran kedua yang dimenangkan kandidat presiden republik nomor urut 01, Jose Ramos Horta dengan perolehan suara 397.145 (62,09%) dan Lu Olo meraih 242.440 suara (37,91%).

“ Hasil pemilihan presiden republik putaran kedua menunjukkan Jose Ramos Horta menjadi Presiden Republik untuk periode 2022-2027. Dengan hati yang tenang saya menerima hasil pemilihan yang demokratik ini. Saya sampaikan selamat kepada presiden terpilih Jose Ramos Horta,” kata Lu Olo dalam konferensi pers di Kantor Pemenangan Kandidat Presiden Lu Olo, Hotel Luz Clarita, Dili, Jumat (22/4/2022).

Presiden Republik periode 2017-2022 ini, berharap presiden terpilih untuk bekerja sama dengan Parlamen Nasional dan lembaga-lembaga tinggi negara lainnya untuk melanjutkan progress yang sudah dicapai Timor Leste lima tahun silam.

Meskipun kalah dalam pilpres putaran kedua, Lu Olo juga menyampaikan terima kasih kepada semua struktur Partai Fretilin dari nasional hingga daerah atas dukungan dan kerja kerasnya untuk mensukseskan pencalonannya ke kursi presiden republik.

Lu Olo juga menyampaikan terima kasih kepada kekuatan politik dari Partai Pembebasan Rakyat (PLP) pimpinan Taur Matan Ruak, Partai KHUNTO pimpinan Jose dos Santos Naimori Bucar, Os Verdes, Partai Fretilin Pembaruan, organisasi seni dan beladiri dan organisasi lain yang memberikan dukungan kepada Lu Olo dalam pilpres putaran kedua.

“Pada kesempatan ini saya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Sekretaris Jenderal Partai Fretilin, Mari Alkatiri dan seluruh struktur yang memberikan dukungan dan kerja keras untuk pencalonanan saya pada pilpres putaran kedua. Saya merasa senang dan terima kasih kepada Ketua Partai PLP, Taur Matan Ruak dan Ketua Dewan Tinggi Partai KHUNTO, Jose dos Santos Naimori Bucar yang turun langsung dalam kampanye pilpres putaran kedua,” kata Lu Olo.

Pada bagian lain, mantan Ketua Parlamen Nasional ini menyampaikan selamat kepada rakyat Timor Leste yang telah menunjukkan kematangan dan kedewasaan politiknya dengan berkontribusi pada perdamaian dan stabilitas nasional dalam kampanye dan pesta demokrasi pada 19 April 2022 yang berlangsung dalam suasana damai, tenang dan tertib.

“Selamat untuk seluruh rakyat Timor Leste yang telah tunjukkan kedewasaan dalam pesta demokrasi ini dengan berkontribusi untuk kedamaian dan ketertiban, meskipun ada insiden kecil, namun kita semua berada dalam situasi yang aman, damai dan demokratis,” kata Lu Olo.

Lu Olo juga menyampaikan terima kasih kepada Sekretaris Teknik Administrasi Pemilihan (STAE) dan Komisi Nasional Pemilihan Umum (CNE) yang telah menyelenggarakan pilpres putaran pertama dan kedua dengan baik dan lancar. Terima kasih juga disampaikan Lu Olo kepada dua institusi keamanan di Timor Leste yaitu Polisi Nasional Timor Leste (PNTL) dan FALINTIL-Forsa Defesa Timor Leste (F-FDTL) yang menjalankan tugasnya dengan baik selama proses pemilihan presiden republik.

Presiden RDTL, Francisco Guterres Lu Olo mengimbau kepada seluruh rakyat untuk tetap berkontribusi bagi perdamaian dan stabilitas nasional serta dengan lapang dada menerima hasil pilpres putaran kedua.

Sementara itu, Sekretáris Jenderal (Sekjen) Partai Fretilin, Mari Alkatiri mengatakan ia bangga dengan kebesaran hati dan dedikasi tinggi kandidat presiden republik, Francisco Guterres Lu Olo menerima hasil pilpres putaran kedua.

Pada kesempatan itu, Ketua Partai PLP, Taur Matan Ruak mengatakan struktur Partai PLP merasa senang bekerja sama dengan kandidat presiden, Francisco Guterres Lú Olo selama proses pilpres putaran kedua. Ia menyampaikan selamat kepada seluruh rakyat yang ikut berpartisipasi dalam pilpres putaran kedua dan berkontribusi untuk kedamaian dan stabilitas nasional.

Ucapan Selamat dari Lima Negara ASEAN

Perwakilan dari lima negara anggota ASEAN (The Association of Southeast Asian Nations) yang berkantor di Dili, Jumat (22/4/2022) menyampaikan selamat kepada presiden terpilih, José Ramos Horta.

Lima negara perwakilan ASEAN yang memberikan ucapan selamat kepada persiden terpilih Jose Ramos Horta masing-masing, Duta Besar RI untuk Timor Leste, Okto Dorinus Manik, Duta Besar Thailand, Ekapol Poolpipat, Duta Besar Republik Filipina, AbdulMaid Kiram Muin, Kuasa Usaha Brunei Darussalam, Wafi Nairul Anawar dan Kuasa Usaha Kedutaan Besar Malaysia, Nur Hidayah Mohd.

Usai menerima perwakilan dari 5 negara ASEAN, presiden terpilih Jose Ramos Horta mengatakan bahwa ia telah menerima ucapan dari perwakilan lima negara ASEAN yang berkantor di Dili. Pada kesempatan itu, Ramos Horta menjelaskan kepada mereka mengenai seluruh proses pemilihan yang berjalan lancar dan sukses.

Laporan: Nela Mali (Dili)

 

Baca Juga :   Horta Atau Lu Olo Menang, Presiden Semua Rakyat Timor Leste
Baca Juga :   Kalau Menang Pemilihan Presiden Horta Ajak Dialog

Komentar