oleh

Lansia Prioritas Utama Penerima Vaksin Corona 

KUPANG – Warga kota Kupang yang berusia lanjut (Lansia) akan menjadi sasaran utama penerima vaksin corona. Namun, harus dalam kondisi sehat dan tidak memiliki sakit bawaan seperti yang disyaratkan.

‘’Khusus di kota Kupang masyarakat hendaknya memiliki kesediaan menerima vaksin corona dalam usaha menurunkan angka penyebaran,’’ kata Rudi Priyono, sekretaris Dinas Kesehatan Kota Kupang, Jumat (22/1/2021).

Menurutnya, penerima vaksin akan diprioritaskan kepada kaum lansia untuk tahun ini, sedangkan vaksin kepada masyarakat umum, kemungkinan diadakan tahun depan.

Rudi Priyono mengemukakan bahwa kriteria penerima vaksin yakni, tidak memiliki penyakit yang terdapat dalam format screening (penapasan), seperti pernah menderita Covid-19, mengalami gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) dalam tujuh hari terakhir. Sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah dan Jantung.

Selain itu, tidak menderita penyakit ginjal kronis, sedang menjalani hemodialysis atau transplantasi ginjal. Penyakit saluran pencernaan kronis, hipertiroi karena autoimun dan penyakit kanker atau penerima produk darah.

Tidak dalam keadaan hamil atau menyusui, tidak memiliki anggota keluarga dalam satu rumah yang terinfeksi virus corona dan suhu tubuh diatas 37,5 Celcius atau sedang mengalami demam. Tidak memiliki tekanan darah diatas 140/90 dan penderita Diabetes melitus tipe-2.Tidak mengalami sakit HIV. Tidak memiliki penyakit paru seperti asma, radang paru-paru dan TBC.

Khusus untuk pasien TBC boleh mendapat vaksin dengan ketentuan telah menerima obat anti tuberkulosis dua minggu sebelum vaksin. Untuk penyakit lain yang tidak disebutkan, dapat berkonsultasi kepada dokter ahli yang merawat sebelum menerima vaksin. (geraldy batara)

Baca Juga :   1.039 Pasien Covid-19 Dirawat

Komentar