oleh

514 Kabupaten dan Kota Wajib Ekspor

KUPANG – Mentri Pertanian (Mentan) Republik Indonesia memimpin upacara hari karantina pertanian 144 yang berlangsung di halaman rumah jabatan gubernur NTT pagi tadi. Dalam kegiatan tersebut, ia mendorong badan karantina pertanian untuk memperketat setiap produk pangan serta makanan yang masuk melalui pintu bandara diseluruh Indonesia.

Hasil pantauan kupangterkini.com Senin (18/10/21) Mentri pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa, tugas karantina pertanian sangat penting dalam pelayanan, menjaga kesehatan serta keamanan produk pertanian. “Karantina pertanian harus berada di garda terdepan dalam mengemban tugas sebagai benteng perlindungan sumber daya alam hayati dan pertanian negara,” ujarnya.

Ia juga berharap agar badan karantina pertanian (Barantan) mampu membangun dan ekspor komoditas pertanian Indonesia pada saat pemulihan ekonomi dunia terjadi. “Secara khusus, saya memberikan tugas strategis kepada Barantan untuk mengawal program peningkatan ekspor melalui gerakan tiga kali lipat ekspor (Gratieks) hingga 2024,” ucapnya.

Menurut Syahrul, kesuksesan program tersebut memerlukan sinergitas dari berbagai pihak. “Salah satu pencapaian sinergitas Gratieks adalah kegitan merdeka ekspor yang dilepas oleh presiden secara serentak melalui 17 pintu ekspor dengan nilai Rp 17,2 triliun,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan tersebut memberikan optimisme baru bagi para petani serta pelaku usaha pertanian untuk lebih berkembang. “Diharapkan dari 514 kabupaten/kota di Indonesia semuanya melakukan ekspor demi negara kita tercinta, alhamdullilah berkat sinergi pemangku kepentingan, kopi, tanaman obat, aromatik dan buah – buahan kita tercatat semakin perkasi dimata dunia, selanjutnya menyusul sarang burung walet serta porang sesuai dengan arahan presiden Joko Widodo,” tambahnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Mentan juga mengapresiasi Barantan dalam menjalankan amanat UU No. 21 Tahun 2019 tentang karantina hewan, ikan dan tumbuhan. “Karantina terbukti mampu menjaga kelestarian sumberdaya alam hayati dalam pengawasan dan tindakan terkait maraknya peredaran ilegal hewan, tumbuhan dan produknya serta melakukan berbagai pembinaan teknis bagi pelaku usaha pertanian dan eksportir,” ucapnya.

Selain itu, Mentan juga menyampaikan hormat serta terimakasih kepada seluruh gubernur di Indonesia, terkhususnya kepada gubernur NTT yang secara khusus menyiapkan tempat memperingati hari karantina yang ke 144. “Karantina penting bagi negara ini, saya berterimakasih kepada gubernur NTT yang telah mau melihat ini sebagai suatu kepentingan bangsa dan negara,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa, pertanian Indonesia cukup bagus, tetapi jika bioterorism masuk dan tidak ada yang menjaganya maka akan berbahaya. “Ini akan bersoal kepada kesehatan hewan kita, kepada pertanian kita yang rentan terhadap hama, tidak hanya itu ini akan menghancurkan ekonomi kita secara keseluruhan,” tandasnya.

Selanjutnya, upacara peringatan hari karantina tersebut Mentan secara resmi menandatangani prasasti instalasi karantina pertanian serta penyematan pin penghargaan kepada ASN dan UPT karantina pertanian terbaik.

laporan : yandry imelson

 

Baca Juga :   Melanggar Aturan Disanksi Tegas
Baca Juga :   Belajar Tatap Muka Masih Perlu Dicek Lagi

Komentar

Berita Terbaru