Ribbon dan Film Habis, Pencetakan KTP Tertunda

Berita Kota1297 Dilihat

KUPANG – Warga Kota Kupang nampaknya harus bersabar jika ingin mencetak kartu tanda penduduk (KTP) untuk sementara. Pasalnya, untuk pencetakan KTP tidak bisa dilakukan pihak dispenduk karena kehabisan ribbon serta film.

Agus Ririmase plt kepala dinas dukcapil kota Kupang mengatakan kepada kupangterkini.com Selasa (13/7/21) bahwa, mulai hari ini pihaknya tidak bisa melakukan pencetakan KTP. “Ribbon serta film ini seperti tinta yang ada pada printer dan digunakan untuk pencetakan, nah ini sudah habis total,” jelasnya.

Agus juga menambahkan bahwa, akhir – akhir ini banyak warga yang membutuhkan pencetakan KTP. “Dalam rangka banyak hal, contohnya tes CPNSD, lanjutan kuliah dan lain sebagainya,” tambahnya.

Ia juga melanjutkan bahwa, pihaknya diberikan blanko KTP dari dirjen dukcapil sangat banyak. “Tetapi kalau saya tidak punya ribbon serta film saya harus bagaimana,” ucapnya.

Baca Juga :   Melanggar Aturan Disanksi Tegas

Selanjutnya ia menegaskan bahwa, tidak ada niat dinas dukcapil untuk menyusahkan masyarakat. “Saya paling keras dalam hal pelayanan, saya sampaikan itu kepada seluruh staff untuk membantu masyarakat,” tegasnya.

Ia mengatakan bahwa sesuai dengan instruksi walikota dimana harua membuat seluruh warga kota kupang senang dan bahagia. “Seluruh warga yang datang harus dilayani semua keperluan administrasi kependudukan sepanjang memenuhi persyaratan yang diajukan,” jelas Agus.

Baca Juga :   Guru Sekolah Minggu Cabuli Anak Dibawah Umur

Terakhir, ia berharap agar pimpinan – pimpinan yang mengambil keputusan di tingkat kota bisa menyikapi hal tersebut. “Mungkin saya bisa dibantu anggaran dalm hal pengadaan ribbon dan film, karena ini benar – benar dana kita sudah tidak ada sama sekali,” lanjutnya.

Sementara itu, Yuvensius Tukung, ketua komisi I DPRD kota Kupang yang bermitra langsung dengan dinas dukcapil saat ditemui terpisah mengatakan bahwa, cukup prihatin atas kondisi ribbon serta film yang habis tersebut. “Saya bilang prihatin karena disaat tingginya permintaan KTP dalam proses seleksi CPNS, ada yang mau masuk kampus maupun tes yang lainnya,” ujarnya.

Baca Juga :   Aplikasi Michat Sarana Prostitusi Online

Sebagai mitra dukcapil ia mengatakan secara mekanisme penganggaran komisi I telah mendorong dalam catatan komisi. “Badan anggaran pun sudah kita sudah sampaikan, kita terkejut saja kalau kemudian tidak diakomodir,” jelasnya.

Yuven melanjutkan bahwa, dukcapil mempunyai peran strategis mulai dari orang lahir hingga meninggal itu berhubungan dengan dinas tersebut, sayang kalau tidak diberi perhatian. “Oleh karena itu, tentu kami tidak tinggal diam, nanti saya akan berkoordinasi dengan tiga pimpinan di DPR,” jelasnya.

Ia melanjutkan bahwa, akan berkomunikasi, koordinasi serta berharap ada intervensi anggaran sehingga tidak terlalu lama. “Jadi saya berharap masyarakat jangan dipusingkan dengan masalah administrasi yang sulit mereka dapatkan,” harapnya.

Terakhir, Yuven menekankan bahwa eksekutor ada pada pemerintah. “Sekarang titik kunci ada pada walikota serta wakilnya, bukan dukcapil,” tandasnya.

laporan : yandry imelson

Baca Juga :   Kadis pendidikan kota Kupang tegaskan tidak semua murid belajar Online
Baca Juga :   Rumah Sakit Akui, Bayi yang Diambil Keluarga Positif Covid

Komentar