Bangga Buatan Indonesia, Bantu UMKM Hadapi Pandemi

Ekonomi2236 Dilihat

JAKARTA – Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) membantu usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk berjualan secara online di tengah pandemi Covid-19. Kemendag mengeluarkan yang ditujukan ke idEA, meminta semua anggotanya turut membantu agar dapat berjualan secara online.

idEA pun telah menyiapkan sejumlah program menarik untuk para pelaku industri e-commerce serta masyarakat Indonesia.

Bima Laga, ketua umum idEA menyampaikan bahwa menurut data Bank Indonesia, transaksi e-commerce di kala pandemi mengalami kenaikan.

“Ini juga didorong program Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan 14 Mei 2020 lalu. Dulunya kita ada target menciptakan 2 juta UMKM baru sampai akhir 2020, dan hingga akhirnya menjadi 3,8 juta UMKM yang tergabung di berbagai marketplace pada akhir 2020. Hingga Maret 2021 angkanya sudah mencapai 4,8 juta UMKM yang tergabung,” terangnya dalam Dialog
Produktif bertema Harbolnas: Langkah Tingkatkan Geliat Transaksi, yang diselenggarakan KPCPEN, Rabu (28/4).

idEA terus melakukan program hari belanja online nasional (harbolnas) sejak 2018 sampai 2020 lalu. Data Nielsen menunjukkan transaksi saat harbolnas terus meningkat, dari Rp 6,1 triliun di 2018 menjadi Rp 9,1 triliun di 2019, dan meningkat menjadi Rp 11,6 triliun di harbolnas 2020.

Baca Juga :   Mental Bisnis Berperan Wujudkan Usaha Mandiri

“Menariknya sekarang kita tidak hanya fokus di semua barang tapi juga mengutamakan produk lokal. Di 2020 transaksi produk lokal menyentuh angka Rp 5,6 triliun,” terang Bima Laga.

idEA sebagai asosiasi e-commerce Indonesia kini tengah fokus melalui program Bangga Buatan Indonesia dan momentum Ramadan ini untuk membantu pemulihan ekonomi nasional.

“Kita melihat bahwa di masyarakat ini sebagai rencana yang positif. Masyarakat perlu bergeser budaya belanjanya dari belanja konvensional menjadi belanja online di masa pandemi ini. Karena yang terjadi saat ini adalah masyarakat cenderung menahan diri untuk berbelanja normal seperti sebelum pandemi, khususnya masyarakat kelas menengah ke atas,” tambah Aidil Akbar, Perencana Keuangan.

Momentum program belanja online bagi produk UMKM lokal yang diiringi program vaksinasi dinilai Aidil Akbar sebagai salah satu pemicu membangkitkan ekonomi nasional di masa pandemi.

“Dengan program hari Bangga Buatan Indonesia apalagi pemerintah memberikan stimulus Rp 500 miliar, maka akan sangat membantu perekonomian Indonesia melalui belanja online benar-benar bisa terlaksana. Apalagi yang dibeli adalah produk dalam negeri,” ujar Aidil.

Baca Juga :   Sukseskan Kembangkan Vaksin Merah Putih

“Untuk menggeliatkan transaksi tidak harus promo ongkos kirim saja, juga promosi yang lainnya. Tujuannya adalah UMKM di daerah merasakan manfaatnya, terutama UMKM yang berjualan di marketplace anggota idEA,” tandas Bima Laga.

sumber : satgas covid-19

Komentar


Deprecated: str_replace(): Passing null to parameter #3 ($subject) of type array|string is deprecated in /var/www/kupangterkini.com/wp-content/plugins/newkarma-core/lib/relatedpost.php on line 627