oleh

Rencanakan Bangun Puskesmas Pembantu

BABAU – Memasuki tahun anggaran baru, kelurahan Babau, kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, berencana membangun lagi satu Puskesmas pembantu (Pustu) untuk pelayanan kesehatan watga setempat. Pustu ini rencananya akan ditempatkan di wilayah RT 33 untuk melayani warga yang tinggal di kampung Lifubatu dan Oefafi.

‘’Kami juga mengusulkan pembangunan gedung pendidikan anak usia dini (PAUD) Getsemani,’’ jelas Lurah Babau Isak Lubalu saat dihubungi kupangterkini.com, Kamis (18/2/21) siang.

Menurutnya, dalam waktu dekat akan dilakukan rapat yang melibatkan RT/RW, LPM dan Karang taruna untuk penguatan kelembagaan dan persiapan rencana itu. Namun masih terkendala adanya pandemi, sehingga hanya 50 persen saja pegawai kelurahan yang bekerja di kantor.

‘’Kinerja kelurahan Babau saat ini belum maksimal, masih terkendala pandemi covid-19. Aktivitas dikantor hanya setengah, sisanya kerja dari rumah,’’ ujarnya.

Usulan program lainnya adalah pembangunan tempat MCK dan pemberian insentif bagi kader posyandu. Normalisasi kali Taklale, pembukaan jalan antar RT, peningkatan jalan dan pembangunan jembatan Nefahonis.

‘’Pelatihan menjahit bagi ibu-ibu dan meubeler bagi pemuda. Termasuk menjaga ketersediaan bibit, pupuk dan obat obatan bagi petani, jadi prioritas kami,’’ tambah Isak.

Dia berharap dalam rencana pembangunan tingkat kecamatan, ada prioritas bagi kelurahan Babau sehingga dapat disetujui. “Semua akan disampaikan dalam forum musrenbangcam nanti, tentu melalui perengkingan untuk selanjutnya diteruskan ke kabupaten,’’ rincinya.

(yandri imelson/kupangterkini.com)

Baca Juga :   Ingin Wujudkan Masyarakat Mandiri

Komentar