oleh

Bangun Lagi Saluran Irigasi 600 Meter

OELAMASI – Tahun ini ada penambahan sekitar 600 meter saluran irigasi yang dibangun pemerintah desa Pukdale, Kupang Timur. Saluran ini merupakan kelanjutan dari irigasi yang sudah sudah ada sepanjang 2 KM, menuju lokasi persawahan masyarakat setempat.

‘’Setiap tahun kami kami fokuskan untuk menambah irigasi sepanjang 600 meter, untuk mengairi sawah masyarakat,’’ jelas kepala desa Pukdale, Oktovianus Lesiangi kepada kupangterkini.com, Kamis (18/2/21) sore.

Menurutnya, dengan dana desa yang ada, diharapkan mampu memaksimalkan pembangunan tersebut dan dapat berguna bagi masyarakat Pukdale. Setelah itu, program yang lain seperti pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dilaksanakan bertahap.

‘’Untuk saat ini, ada lima program prioritas desa yang jadi target kami. Semoga semua bisa berjalan dengan lancar,’’ harapnya.

Kendati menjadi salah satu sentra produksi padi Kupang Timur, namun pembangunan sarana pendukung terbilang lambat. Jalan masuk ke desa itu sepanjang 6 KM saat ini rusak parah. Saluran irigasi yang sudah ada sering jebol bila debit air tinggi melewatinya.

Terakhir petani setempat bekerja swadaya, membuat senderan dari kayu untuk menanggulangi saluran irigasi permanen yang jebol akibat hujan deras.

(yandri imelson/kupangterkini.com)

Baca Juga :   Divonis Covid-19, Keluarga Seruduk Rumah Sakit

Komentar