oleh

Orient Tunggu Keputusan Kemenkumham Soal Status WNI

-Politik-2919 Dilihat

DENPASAR – Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient Patriot Riwu Kore terus memperjuangkan status WNI untuk bisa mengapai tahapan pelantikan sebagai bupati kabupaten itu periode 2021-2026. Bersama Cendana Abubakar, salah seorang pengurus PDIP NTT, Orient kini berada di Jakarta untuk menunggu keputusan Kemenkumham soal pengesahan status sebagai warga negara Indonesia.

Kepada kupangterkini.com Cendana Abubakar mengatakan semua proses untuk status WNI dari Orient Patriot sudah dilalui. Pertama pertemuan dengan Komisi Pemlihan Umum (KPU) dan Bawaslu yang diprakarsai oleh Kapolda NTT. Sehingga Kemendagri pun masih menunggu keputusan dari Kemenkumham proses tahapan pelantikan sebagai bupati.

“Sekarang kami tengah melakukan koordinasi dengan Kemenkumham jadi kita tunggu saja,” kata Cendana Abubakar.

Menurutnya, bila status warga negaranya rampung dari Kemenkumham, pihak Kemengagri baru mengambil sikap, memproses lanjut tahapan pilkada Sabu Raijua.

“Karena tugas partai pengusung dan pendukung maupun penyelenggara menurut saya sudah selesai tahapan dan mekanisme itu. Tinggal sekarang proses private antara Pak Ori dan negara untuk penentuan kewarganegaraan nya,” jelas Cendana saat dihubungi Minggu (14/2/21).

Cendana sejak awal telah mempersoalkan pernyataan Bawaslu Sabu Raijua, yang pertama kali mempersoalan status warga negara. Karena hal tersebut sudah selesai sebelum Orient maju menjadi bakal calon bupati.

(yandri Imelson/kupangterkini.com)

Baca Juga :   PRIMA Minta Partisipasi Publik dalam RUU TPKS

Komentar