oleh

Polres TTU Gagalkan Penyeludupan Minyak Goreng ke Timor Leste

KUPANG – Polsek Insana Utara berhasil mengamankan tiga kontainer penuh minyak goreng yang akan diselunduplan ke negara Timor Leste. Tiga kontainer tersebut dimankan saat sedang bongkar – muat di pelabuhan Wini, Timur Tengah Utara (TTU).

Kabid humas Polda NTT, AKBP Ariasandy saat dikonfirmasi kupangterkini.com membenarkan hal tersebut dan menyatakan bahwa tiga kontainer tersebut berasal dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Minyak goreng yang hendak diselundupkan tersebut berada di kapal Meratus Pematang Siantar Voyage dengan tujuan Dili, Timor Leste.

“Tiga kontainer itu berasal dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya dengan tujuan Dili, Timor Leste dan melakukan transit di pelabuhan Wini. Pengiriman tersebut menggunakan izin surat keputusan Menteri Perdagangan Nomor 22 tahun 2022 dikeluarkan pada 8 April 2022 dengan jenis pengiriman makanan ringan,” ucapnya Senin (16/5/22).

Menurut Ariasandy, tidak menutup kemungkinan adanya permainan dokumen dari pihak Bea Cukai Surabaya dan PT Meratus. “Minyak goreng yang akan dikirim tidak diketahui jenis dan ukuran pengiriman, karena barang tersebut sudah diambil pihak Bea Cukai Atambua,” tambahnya.

Saat ini, ketiga kontainer tersebut diberikan tanda pengaman Direktorat Jenderal Bea Cukai KPPBC TMP B. Atambua CTP – 139/KBC.130602/2022 tanggal 13 Mei 2022. “Penyelidikan ekspor minyak ke Timor Leste tersebut dipimpin langsung Kapolsek Insana Utara Iptu Bara Puka serta empat orang anggotanya yang langsung berkoordinasi dengan pihak Bea Cukai Wini agar barang tersebut dikembalikan ke Surabaya,” tandasnya.

laporan : yandry imelson

Baca Juga :   Rendah Kualitas Makanan, Kurangi Imun Tubuh
Baca Juga :   Pemerkosa Anak Kandung Diringkus

Komentar