oleh

Perhatikan Pola Makan Saat Masa Pandemi

KUPANG – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Yoseph Nahak mengingatkan juga tentang pentingnya pola makan sehat saat pandemi covid-19.

Menurut dia, nutrisi baik dari asupan yang dikonsumsi dapat mengatasi infeksi, termasuk virus corona.

“Saat terjadi infeksi, tubuh penderita akan mengalami demam. Kondisi ini membutuhkan energi dari nutrisi asupan yang dikonsumsi,” kata Nahak.

Salah satu asupan yang perlu diperhatikan saat pandemi covid-19 adalah konsumsi buah dan sayur. Hal itu dikatakannya, karena buah dan sayur menyediakan kebutuhan vitamin, mineral, dan serat untuk tubuh.

“Usahakan untuk memilih buah dan sayuran segar ketimbang buah dan sayuran beku atau kalengan,” tambahnya.

“Nutrisi dalam buah dan sayuran segar lebih tinggi ketimbang produk olahan (kaleng atau beku),” ujar Yoseph Nahak kepada kupangterkini.com.

Dia mengatakan pula, supaya buah dan sayur seyogianya menjadi cemilan berguna untuk dikonsumsi di luar jam makan.

Selain dari buah dan sayuran, dia meminta supaya masyarakat menyehatkan dirinya dengan cara mengonsumsi air putih yang cukup.

“Penuhi kebutuhan cairan
Jaga tubuh agar tidak dehidrasi dengan minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari,”ujar Yoseph Nahak menyarankan.

Konsumsi air putih menurut Yoseph Nahak, memiliki kegunaan untuk menambah pasokan cairan sehingg daya tahan meningkat pula.

Ada pula satu hal yang tidak boleh luput dari perhatian masyarakat dalam usaha mencegah diri dari paparan covid-19, yakni menjaga kebersihan makanan dengan cara memisahkan makanan mentah dan matang, memasak makanan sampai matang sempurna dan menggunakan air dan bahan baku yang aman untuk menjaga kebersihan makanan.

“Kendati Covid-19 adalah penyakit yang utamanya menyerang saluran pernapasan, namun anda tetap wajib peduli pada keamanan pangan. Selama ini, memang belum ada bukti penyakit bisa menyebar lewat makanan.

Baca Juga :   Pemerintah Sudah Miliki 74 Juta Vaksin Covid-19

Akan tetapi, anda tetap memiliki tugas untuk melindungi diri dari penyakit,” tegasnya.

(geraldy batara/kupangterkini.com)

Komentar