oleh

Manfaat Pohon Sukun

Buah sukun merupakan bahan pangan alternatif yang cukup popular di Indonesia. Masyarakat  juga kini mulai mengembangkan intensif sebagai salah satu jenis tanaman yang bisa dikonsumsi sebagai sumber makanan yang sehat.

Makanan yang merupakan banyak mengandung sumber karbohidrat juga sangat berkhasiat untuk pengobatan, menyembuhkan penyakit liver, jantung dan ginjal.

Secara empiris daun sukun mampu menyelamatkan ginjal yang sakit. Sebuah riset yang dilakukan LIPI dengan peneliti asal Cina mengungkapkan daun sukun sangat berguna bagi proses penyembuhan penyakit kardiovaskular.

Rifdah Shabella dalam ‘’Terapi Daun Sukun’’ menguraikan, manfaat sukun lainnya dapat digunakan sebagai pilihan makan diet rendah kalori, mengingat kandungan kalori buah sukun lebih rendah dibanding beras, namun memiliki vitamin dan mineral yang lebih lengkap.

Kandungan seratnya cukup tinggi sehingga baik untuk sistem pencernaan. Tanaman pohon sukun tersebar dan telah dikenal mayarakat Indonesia yang secara tradisional telah dimanfaatkan dalam kehidupan, ternyata menyimpan jutaan manfaat.

Manfaat sukun tersebar secara lengkap mulai dari buahnya yang lezat seperti roti, daunnya yang berkhasiat obat dan batangnya selain untuk bahan bangunan juga menyimpan zat aktif untuk kesehatan.

Sukun tak hanya dapat diolah menjadi makanan yang memiliki nilai jual, hampir seluruh bagian tanaman itu dapat dimanfaatkan untuk keperluan hidup manusia. Bagian-bagian lain seperti biji, bunga dan daun juga bermanfaat bagi kehidupan manusia. (albert kin ose)

 

 

Baca Juga :   Lansia Umur 104 Tahun Ikut Vaksinasi

Komentar